Kamis, 24 Februari 2011

Mengapa kita menjadi mengantuk apabila selesai makan siang?

Pada saat selesai makan, sensor2 di sepanjang saluran pencernaan akan mengabarkan kepada sistem2 lain bahwa ada makanan yang perlu digarap di sepanjang saluran pencernaan. Ini mengakibatkan darah banyak mengalir ke saluran pencernaan untuk mendukung energi yang diperlukan dalam proses pencernaan. juga untuk meningkatkan efisiensi penyerapan makanan. Ingatlah bahwa sari makanan diserap dan dialirkan ke seluruh tubuh oleh darah. Volume darah yang besar ke daerah perut ini mengakibatkan turunnya volume darah yang ke arah otak. ini mengakibatkan sensasi mengantuk. bisa dimengerti? rasa mengantuk yang tiba2 ini bisa dicegah dengan cara makan tidak terlalu banyak dalam waktu yang singkat.

ada hubungan antara saraf simpatik dengan saraf parasimpatik yang mempengaruhi kerja darah. darah masuk ke daerah perut dari kepala membantu proses pencernaan sehingga darah di kepala jumlahnya agak berkurang sehingga distribusi oksigen dikepala turut berkurang menyebabkan mata mengantuk. sama dengan mengapa makan kangkung cepat ngantuk karena salah cerna artinya darah lama sekali berada di sekitar perut

Makan berlemak menyebabkan beratnya kerja pencernaan makanan. Makanan berserat dapat membantu alat pencernaan kita dalam melaksanakan tugasnya.

Jika tidak ingin mengantuk selama belajar atau bekerja di kantor, kurangi atau hindari makan makan berlemak misalnya bersantan kental, rendang atau kalio padang.

Makanan buah-buah segar yang banyak mengandung air, seperti semangka, apel, nenas, tomat dan semacamnya, akan dapat membantu meningkat kesegaran tubuh di samping dapat membantu menghancurkan lemak-lemak makanan. Sedapat mungkin makan buah-buah segar tersebut setelah makan siang.

Sedangkan pada pagi hari lebih baik membiasakan mengkonsumsi jus dari buah-buah tersebut adalah bagus sekali untuk menjaga kesegaran tubuh. Jika bisa jangan memakan yang digoreng-goreng di pagi atau siang hari.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites